Pages

30 Mei 2012

Pengertian Sejarah

        Ayo mana suaranya yang suka pelajaran Sejarah??Monkey Icons Kawan ada yang tau gak apa itu sejarah?? Untuk apa kita belajar sejarah?? Jawabannya adalah karena dengan belajar sejarah, kita bisa mendapatkan informasi/gambaran tentang peristiwa yang telah terjadi dimasa lampau. Kata "sejarah" berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun yang artinya pohon. Kenapa dideskripsikan dengan pohon Monkey Emoticons Karena pohon terus berkembang dari mulai kecil sampai besar. Dari hal sederhana sampai hal yang kompleks. Dalam bahasa Inggris sejarah "history" mempunyai arti masa lampau umat manusia. Sedangkan dalam bahasa Jerman kata sejarah "geschicht" adalah sesuatu yang telah terjadi.



          Jadi, sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan berkembang sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih maju.Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia yang ditulis W.J.S Poerwadarminta disebutkan sejarah mempunyai pengertian:
- Sejarah berarti silsilah atau asal usul.
- Sejarah berarti kejadian & peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
- Sejarah adalah ilmu ,pengetahuan,cerita pelajaran tentang kejadian/peristiwa yang bener-benar terjadi pada masa lampau.
Dapat ditarik tambang kesimpulan bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.
        Gak heran deh, kalo sejarah itu berperan penting dalam kehidupan manusia, berbangsa juga bernegara *eaaa
Pak Soekarno pernah mengatakan "Jangan sekali kali melupakan sejarah (JAS MERAH)" Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa jasa pahlawannya. Kita hidup juga pastilah punya coretan sejarah ya kan?? Mulai dari gak punya pacar, disakitin, di khianatin,di tinggal pacar, di duain *eaa malah ngegalau..woi itu mah curhatan lo semua nukniknuk Monkey Winks  cepetan balik ke topik.!!
Lalu apa saja sejarah hidup kalian kawan?? Berwarna kah?? Hitam putih/ kelam kah?? *dari semua pertannyaan yang diajukan. Hanya ini yang penting.! Sudahkah kita memetik hikmah juga pelajaran untuk memperbaiki diri dari tiap coretan kisah sejarah kita dimasa lalu??
Jawabannya ada pada diri kalian Monkey Icon


sumber pengertian sejarah: Badrika, I wayan. sejarah. 2006. Jakarta:erlangga.

7 komentar:

  1. Sejarah. Sebenernya dijurursan gue gak ada pelajaran sejarah haha waktu kelas 10 mah ada hehe.

    Sejarah diri, yap itu bisa kita jadiin cerminan. Yang kurang baik diperbaiaki, yang bagus dipertahankan atau ditingkatkan. Ahaha gitu kan yah? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat, betul sekali :D
      skor seratus buat kamu :D

      Hapus
  2. Salam kenal.. ijin follow#18DSP

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga kak :D
      terimakasih udah berkunjung :D
      done, followed kakak:D

      Hapus
  3. terimakasih atas ilmunya gan

    BalasHapus
  4. Terimah kasih sagat bermanfaat..!!

    BalasHapus

ayo bependapatlah kawan keluarkan aspirasi kalian :D
Tanpa komentar kalian postingan ini tak ada gunanya:D